learning to be a learner

Wah selamat ya buat adik-adik yang sudah lulus dan telah melalui proses selama 3 tahun di senior high school. Masa itu adalah masa yang paling menarik, aku sendiri merasakannya. Masa dimana kita bertemu teman, sahabat, bahkan pacar. Saat yang nantinya pasti kita akan rindukan atau terkadang kita berkhayal untuk kembali ke masa itu. Tapi di depan masih ada jalan panjang terbentang. Pintu baru yang sebentar lagi akan kalian masuki. Yap bener..masa kuliah. Masa ini ngga kalah seru dengan masa SMA. Akan ada banyak sekali tantangan dan dinamika yang bergejolak dan kamu akan rasakan sendiri banyak pelajaran berharga (kalau mau belajar). Ngomong-ngomong soal belajar, apa sih makna belajar menurut kamu? Mungkin ada banyak orang yang bilang kalau belajar sama dengan mengetahui sesuatu yang baru atau bahkan yang lebih sadis, belajar itu ya sama aja kaya sekolah. Jadi anak yang pintar dan belajar adalah anak yang dapat nilai bagus di sekolahnya. Hmmmm…is that wrong? Menurutku ngga juga. Belajar menurutku itu bagaimana perilaku seseorang berubah jadi lebih baik dan hasil dari belajar ngga semata bisa diukur dengan angka. Angka yang didapat dari sekolah hanya simbol dan diberikan untuk mempermudah dalam membaca. Tapi banyak orang yang hanya menelan mentah-mentah simbol tersebut tanpa mencari tau lebih dalam. Anak dengan nilai 5 misalnya langsung di cap sebagai anak malas yang ngga belajar. Padahal banyak faktor yang menyebabkan nilai itu.

Awalnya aku sangat terobsesi dengan angka, semuanya harus perfect. Aku selalu masuk dan jarang absen untuk pelajaran atau mata kuliah penting. Semua tugas aku kerjakan dengan sungguh-sungguh dan aku belajar mati-matian saat ada ujian. Aku menelan mentah-mentah semua proses belajarku. Aku tidak memaknai belajar itu sendiri. Hasilnya yaa nilaiku keluar dan semua sesuai harapan. Ada suatu ketika nilaiku turun dan aku sangat sedih, aku menilai diriku tidak belajar dan hanya main-main dengan kegiatan diluar akademik. Aku berusaha lagi. Benar saja nilaiku naik, tapi sejak saat itu waktuku dengan teman baikku lenyap, aku paling tidak tau informasi apa yang sedang hangat, aku tidak bisa mengontrol emosiku, lebih banyak di kamar mengerjakan tugas-tugas tanpa mau berbagi dengan yang lain. Ya aku belajar…tapi maknanya hanya sebatas NILAI. Setalah semua nilaiku keluar aku berpikir. Untuk apa nilai-nilai ini. Apa esensinya buatku? Akankah aku bawa kemana-mana kertas lembaran ini? mungkin jika aku melamar kerja, kertas ini hanya akan berhenti di meja administrasi. Apa yang harus aku tunjukkan untuk mempertanggung jawabkan semua tulisan yang tercetak di kertas ini? aku pun berpikir dengan keras. Kertas dan tulisan di dalamnya sangat penting, tapi jauh lebih penting maknanya. Buat apa punya nilai tinggi, selalu masuk kelas, lulus lebih awal, atau punya jabatan penting tapi tau makna belajar dan tidak bermanfaat untuk orang disekitarnya? Belajar bukan semata untuk nilai. Bagaimana ilmu itu dimanfaatkan lebih penting, tentang bagaimana kita menyesuaikan diri, membantu orang lain, dan membermanfaatkan diri. Nilai dan waktu adalah konsekuensi. belajar mungkin akan menghabiskan waktu tapi impactnya yang harus diresapi. Bukan hanya teori. Setiap waktu adalah proses belajar. Upaya untuk jadi diri lebih baik dan percaya diri adalah hasil yang paling memuaskan dibanding sekedar simbol nilai. Manfaatkan segala daya, upaya, dan waktu untuk belajar dari sekelilingmu.  Karena disitulah wahana terbesar untukmu belajar.

Advertisements

4 Comments (+add yours?)

  1. demazdemz
    May 18, 2011 @ 10:47:59

    NILAI itu mnrtku penting ketika qta masi di dalam fase seorang pelajar…
    ketika kita memasuki dunia sesungguhnya yaitu dunia kerja nilai itu adalah sebuah hal yg akan diminta pertanggungjwabannya oleh perusahaan..
    Jadi ap yg dilihat pertama kali oleh SDM suatu perusahaan ketika membuka CV seorang fresh graduate ?? i think u know the answer.. 🙂

    Reply

  2. demazdemz
    May 19, 2011 @ 13:41:23

    jelas penting klo kmu seorang fresh graduate dan ingin bertarung memperoleh suatu pekerjaan…mengapa ?? Perusahaan tersebut pst blm tw sapa kmu…dr mn mreka mengerti skill kmu…yg mreka tw hanyalah klian adalah seorang fresh graduate yg blm puny pengalaman dan teruji banyak d dlm dunia kerja…jd yg diliat hanyalah dan pasti adalah NILAI..that’s i think..
    *except u have a network at some corporate/company

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 1,862 hits
%d bloggers like this: